Home » Profil

Profil

Selamat datang selamat bergabung dengan Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Universitas Widyatama, Bandung. Pilihan saudara untuk bergabung dan belajar di Prodi Bahasa Inggris merupakan pilihan yang tepat mengingat lebih dari lebih dari 53 negara dan 10 organisasi Internasional yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, baik sebagai bahasa pertama, bahasa kedua maupun bahasa asing. Selain itu Bahasa Inggris yang diperkirakan digunakan oleh lebih dari 500 juta jiwa penutur baik sebagai bahasa lisan maupun tulisan juga dipakai sebagai bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Bahasa yang digunakan dalam forum-forum Ilmiah.

Program Studi bahasa Inggris, Fakultas Bahasa berusaha memfasilitasi mahasiswanya agar memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan dan memiliki skor TOEFL minimal 500 serta memiliki jiwa wirausaha; selain itu Prodi bahasa Inggris juga memberikan mata kuliah-mata kuliah pilihan yang dapat menjadi nilai tambah (added values) bagi para lulusannya dalam meraih peluang kerja yakni Tourism, Translation, Business, Broadcasting, Teaching for Classroom Instruction, dan Japanese. Hal ini terbukti beberapa lulusan Prodi Bahasa Inggris bekerja di dalam dan luar negeri dengan profesi yang bermacam-macam diantaranya sebagai pramugari maskapai domestik dan asing, dosen, penerjemah, staf hotel dll.

Universitas Widyatama ini merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTBW), Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual (STDKV), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) serta Magister Manajemen.

Sejak didirikan tahun 1997, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) memiliki 2 (dua) program studi, yaitu Program Studi Bahasa Inggris S1 dan Program Studi Bahasa Jepang D3. Pada saat itu Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 12/D/0/1997 tanggal 25 Maret 1997.

Dengan meleburnya keempat Sekolah Tinggi di atas menjadi Universitas, masing-masing sekolah tinggi berubah menjadi fakultas, dan berdasarkan Surat Keputusan menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001, Pada tanggal 2 Agustus 2001, Universitas Widyatama secara resmi berdiri.

Penggabungan sekolah tinggi-sekolah tinggi ke dalam Universitas Widyatama, Yayasan Widyatama bersama seluruh civitas akademika Universitas Widyatama melakukan langkah-langkah strategis, dan konsisten untuk meningkatkan mutu para lulusannya agar menjadi lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi. Langkah-langkah tersebut diantaranya mewujudkan sistem pelayanan pendidikan dengan standar ISO-9001: 2008, meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi dari BAN-PT, peningkatan sarana dan prasarana belajar, bebas akses internet (wi-fi) dll.

Sejalan dengan upaya-upaya di atas, Prodi Bahasa Inggris juga melakukan upaya perbaikan yang terus menerus (Continuous improvement) peraihan peringkat Akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 017/Ak-XV/S1/VI/12, penambahan fasilitas belajar-mengajar seperti penyediaan laboratorium bahasa analog dan digital, sistem pembelajaran e-learning dll.

 

Visi

Universitas Widyatama memiliki landasan integral yang mencakup tata nilai, visi, misi, dan sistem manajemen mutu yang dituangkan dalam Renstra Universitas dan diwujudkan dalam Widyatama Development Program Periode 2003-2013 (WDP 2003-2013). Landasan integral tersebut dijabarkan menjadi visi Fakultas Bahasa yang kemudian diturunkan ke dalam visi Program Studi Bahasa Inggris yaitu: Pada tahun 2018 menjadi salah satu Program Studi yang unggul di Indonesia dan mampu menghasilkan sarjana yang profesional di bidang Bahasa Inggris bernuansa bisnis, memiliki ilmu humaniora, dan berbudi luhur sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dalam masyarakat global.

Penjabaran definisi visi yang disebutkan di atas adalah :

  • Profesional artinya SDM yang bertanggung jawab untuk bertindak lebih dari sekedar memenuhi tanggung jawab diri sendiri atau ketentuan hukum. SDM yang professional mengakui adanya tanggung jawab kepada masyarakat, termasuk berperilaku yang terhormat dan senantiasa meningkatkan kompetensi di bidang Bahasa Inggris, dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam lingkungan global.
  • Memiliki ilmu humaniora artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Balai Pustaka: 1988), adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Lulusan Program Studi Bahasa Inggris yang berilmu humaniora berarti lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai berbudaya dan berperilaku baik.
  • Berbudi luhur adalah sifat yang dimiliki oleh manusia yang mempunyai ciri-ciri budi luhur dalam kehidupannya, sehingga dapat diteladani oleh orang lain. Ciri yang dimaksud adalah perilaku yang terpuji, sesuai dengan pengertian budi luhur. Budi adalah sikap dan perilaku, sedangkan luhur artinya tinggi atau mulia. Manusia berbudi luhur mempunyai kecerdasan akal, mampu mengendalikan emosi atau perasaannya, berbahasa dengan baik, memiliki kecerdasan spiritual, dan bekerja secara cerdas. Lulusan Prodi Bahasa Inggris yang berbudi luhur adalah lulusan yang memiliki sikap terpuji, memiliki kecerdasan akal, mampu mengendalikan emosi atau perasaannya, berbahasa dengan baik, memiliki kecerdasan spiritual, dan bekerja secara cerdas yang dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat luas.

 

Misi

  • Memberikan nilai tambah bagi peserta didik untuk memiliki kompetensi di bidang bahasa Inggris dengan didukung oleh kompetensi lain yang berkaitan dengan profesi di bidang perkantoran, kepariwisataan dan penerjemahan.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengupayakan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan perkembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar yang kreatif dan inovatif.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak agar proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

 

Konsentrasi

1. Entrepreneurship
– Mahasiswa dan lulusan didorong untuk dapat mengembangkan jiwa wirausahanya dan membuka usaha mandiri.
– Fasilitas bimbingan dan praktik kewurausahaan yang diwadahi UKM-UKM Widyatama.

2. Tourism
– Mahasiswa dan lulusan didorong untuk berpartisipasi dalam memajukan dan mengembangkan dunia pariwisata.
– Adanya kegiatan lapangan sebagai pendukung perkuliahan.

3. Translation
– Mahasiswa dan lulusan didorong untuk berpartisipasi dalam memenuhi permintaan pasar akan terjemahan atau menjadi linguapreneur.
– Lulusan Prodi Bahasa Inggris akan menjadi nilai English Proficiency Test (EPT) minimal 475. Telah banyak lulusan yang dapat dengan mudah melampaui target EPT Score ini.