Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Sejarah

Universitas Widyatama ini merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTBW), Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual (STDKV), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) serta Magister Manajemen.

Sejak didirikan tahun 1997, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB) memiliki 2 (dua) program studi, yaitu Program Studi Bahasa Inggris S1 dan Program Studi Bahasa Jepang D3. Pada saat itu Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung mendapat status terdaftar dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 12/D/0/1997 tanggal 25 Maret 1997.

Dengan meleburnya keempat Sekolah Tinggi di atas menjadi Universitas, masing-masing sekolah tinggi berubah menjadi fakultas, dan berdasarkan Surat Keputusan menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001, Pada tanggal 2 Agustus 2001, Universitas Widyatama secara resmi berdiri.

Penggabungan sekolah tinggi-sekolah tinggi ke dalam Universitas Widyatama, Yayasan Widyatama bersama seluruh civitas akademika Universitas Widyatama melakukan langkah-langkah strategis, dan konsisten untuk meningkatkan mutu para lulusannya agar menjadi lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi. Langkah-langkah tersebut diantaranya mewujudkan sistem pelayanan pendidikan dengan standar ISO-9001: 2008, meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi dan Prodi dari BAN-PT, peningkatan sarana dan prasarana belajar, bebas akses internet (wi-fi) dll.

Sejalan dengan upaya-upaya di atas, Prodi Bahasa Inggris juga melakukan upaya perbaikan yang terus menerus (Continuous improvement) peraihan peringkat Akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 017/Ak-XV/S1/VI/12, penambahan fasilitas belajar-mengajar seperti penyediaan laboratorium bahasa analog dan digital, sistem pembelajaran e-learning dll.

Sejak berdirinya Program Studi Bahasa Inggris, Prodi bahasa Inggris sudah beberapa kali mengalami pergantian ketua Program Studi seperti terlihat di bawah ini:

No Nama Periode
1 Dra. Maria Yosephine, MPd. 2000 – 2008
2 Drs. Hero Gunawan, MPd 2008 – 2012
3 Meita Lukitawati Sujatna, S.S.,M.Hum 2012 – 2013
4 Puspitasari, S.S.,M.Hum. 2013 – 2014
5 H. Hendar, Drs.,MPd. 2014 – sekarang

 

Penyelenggaraan kegiatan akademik pada Program Studi Bahasa Inggris S-1, dibangun dengan menyertakan konsepsi integral: pembinaan individu yang memiliki kemampuan mandiri, kerjasama (team-work), sikap berbudi luhur, dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Lulusan program diproyeksikan untuk dapat berkiprah dan mengembangkan potensi secara mandiri serta bekerjasama dalam dinamika dunia usaha dan industri.

 

Tujuan

  • Menerapkan ilmu kebahasaan yang diperoleh untuk memperlancar proses komunikasi bisnis pada dunia usaha dan industri;
  • Memahami dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi baik secara nasional maupun internasional;
  • Menumbuhkembangkan etika profesional serta integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana Bahasa Inggris;
  • Menghadapi dan mencari solusi atas permasalahan dalam profesinya sebagai sarjana Bahasa Inggris;
  • Mengembangkan budaya kerja secara mandiri maupun bekerjasama dalam tim yang terdiri atas berbagai disiplin ilmu.

 

Sasaran

  • Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa (<= 9 semester),program studi Bahasa Inggris S-1 dapat lulus tepat waktu dengan prestasi yang memuaskan (IPK 3.75).
  • 75 % lulusan program studi Bahasa Inggris S-1 memiliki nilai EPT minimal 500.
  • Sekurang-kurangnya 75%, lulusan Program Studi Bahasa Inggris S-1mampu menguasai dan mengoperasikan perangkat aplikasi komputer dengan nilai minimal B.